ETS PPB - I

 Nama : Agnesfia Anggraeni

 NRP    : 5025201059

 Kelas   : PPB - I

 Tahun   : 2024


Evaluasi Tengah Semester 


  1. Gambarkan dan jelaskan siklus aktivitas dari aplikasi Android?

Jawaban:

Siklus aktivitas (activity lifecycle) dalam aplikasi android merujuk pada tahapan yang dilalui oleh suatu aktivitas (activity) dari saat diciptakan/ diinisiasikan hingga dihancurkan oleh sistem. Untuk memahami siklus aktivitas ini sangat penting mengelola sumber daya dengan efektif dan memberikan pengalaman pengguna yang optimal. Berikut merupakan tahapan utama dalam siklus aktivitas:

  1. OnCreate () 

Metode ini dipanggil ketika aktivitas pertama kali dibuat. Ini adalah tempat yang tepat untuk inisialisasi, seperti mengatur layout dengan setContentView(), menginisialisasi variabel, dan menghubungkan ke data atau sumber daya lainnya.

  1. onStart() 

Dipanggil ketika aktivitas menjadi terlihat oleh pengguna, namun belum dapat berinteraksi secara penuh. Pada tahap ini, aktivitas mulai berada di latar depan.

  1. onResume(

Dipanggil ketika aktivitas mulai berinteraksi dengan pengguna. Aktivitas berada di puncak fokus dan pengguna dapat berinteraksi dengan layar.

  1. onPause(

Dipanggil ketika sistem akan mulai menutup aktivitas dan meletakkannya ke latar belakang. Pada tahap ini, aktivitas masih terlihat namun tidak lagi fokus (misalnya, ketika dialog muncul atau aktivitas baru diluncurkan). Ini adalah tempat untuk menyimpan perubahan data yang belum tersimpan.

  1. onStop() 

Dipanggil ketika aktivitas tidak lagi terlihat oleh pengguna. Hal ini dapat terjadi ketika aktivitas dihancurkan atau ketika aktivitas baru diluncurkan dan menutupi aktivitas saat ini. Ini adalah tempat untuk melepaskan sumber daya yang tidak dibutuhkan saat aktivitas tidak terlihat.

  1. onRestart()

Dipanggil setelah onStop() jika aktivitas akan memulai lagi. Hal ini biasanya terjadi ketika aktivitas kembali ke latar depan setelah berada di latar belakang.

  1. onDestroy() 

Dipanggil sebelum aktivitas dihancurkan. Ini adalah tempat untuk melakukan pembersihan akhir, seperti melepaskan sumber daya, menghentikan thread, atau mengakhiri koneksi ke database.


Dengan memahami siklus aktivitas ini, pengembang dapat menulis kode yang lebih efisien dan responsif terhadap perubahan status aplikasi, serta mengelola sumber daya dengan lebih baik untuk menjaga kinerja aplikasi yang optimal.

  1. Penggunaan aplikasi Android yang sesuai di bidang apa saja? Jelaskan dan berikan contohnya.

Jawaban:

Aplikasi Android digunakan dalam berbagai bidang untuk berbagai tujuan, memanfaatkan kemampuan perangkat mobile seperti portabilitas, konektivitas, dan akses mudah. Berikut adalah beberapa bidang utama dan contoh penggunaan aplikasi Android yang relevan: 

  1. Bidang Pendidikan

Aplikasi pendidikan memanfaatkan fitur interaktif untuk mendukung proses belajar-mengajar. 

Contoh:

  • Google Classroom : Membantu pengelolaan kelas secara online, termasuk distribusi tugas, komunikasi antara guru dan siswa, serta penilaian.

  • Duolingo : Aplikasi untuk belajar bahasa asing dengan metode gamifikasi.

  1. Bidang Kesehatan

Aplikasi kesehatan digunakan untuk pemantauan kesehatan, konsultasi medis, dan informasi kesehatan.

Contoh:

  • MyFitnessPal: Aplikasi untuk melacak nutrisi dan aktivitas fisik guna mendukung program diet dan kebugaran.

  • Halodoc: Aplikasi untuk konsultasi dokter secara online, pembelian obat, dan pengecekan laboratorium.

  1. Bidang Keuangan

Aplikasi keuangan digunakan untuk manajemen keuangan pribadi, transaksi perbankan, dan investasi.

Contoh:

  • PayPal: Aplikasi untuk melakukan pembayaran dan transfer uang secara online.

  • Mint: Aplikasi untuk manajemen anggaran pribadi dan pelacakan pengeluaran.

  1. Bidang Hiburan dan Media

Aplikasi hiburan menawarkan konten multimedia seperti musik, video, dan game.

Contoh:

  • Spotify: Aplikasi streaming musik dengan akses ke jutaan lagu dan podcast.

  • Netflix: Aplikasi streaming film dan serial TV dengan berbagai genre.

  1. Bidang Transportasi dan Navigasi

Aplikasi transportasi membantu pengguna dalam navigasi, pemesanan transportasi, dan pelacakan perjalanan.

Contoh : 

  • Google Maps: Aplikasi navigasi yang menyediakan peta, rute, dan informasi lalu lintas secara real-time.

  • Gojek: Aplikasi layanan transportasi dan pengiriman dengan berbagai fitur seperti ojek online, pesan antar makanan, dan pembayaran digital.

  1. Bidang Sosial dan Komunikasi

Aplikasi sosial dan komunikasi digunakan untuk berinteraksi dan berbagi informasi dengan orang lain.

Contoh : 

  • WhatsApp: Aplikasi pesan instan yang memungkinkan pengguna mengirim pesan teks, suara, dan video.

  • Instagram: Aplikasi berbagi foto dan video dengan fitur sosial seperti likes, komentar, dan stories.

  1. Bukalah aplikasi Mobile yang berkaitan dengan sistem Tiket yang anda punya. Tuliskan dan jelaskan kegunaan fitur yang sering anda pakai.

Jawaban:

Salah satu Aplikasi Mobile yang saya gunakan terkait dengan sistem tiket adalah ferizy. ferizy merupakan aplikasi untuk pemesanan tiket ferry secara online. Fitur yang biasanya sering digunakan adalah:

  • Cari tiket: Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mencari dan menemukan tiket ferry dengan mudah. Pengguna dapat memasukkan detail seperti pelabuhan keberangkatan, pelabuhan tujuan, jadwal masuk pelabuhan (check in), dan dapat memilih jenis penumpang (dewasa, lansia dan anak-anak). Dengan fitur ini, pengguna dapat membandingkan opsi yang ada dan memilih tiket yang paling sesuai dengan kebutuhan dan preferensi mereka.

  • Pesan tiket: Fitur ini memungkinkan pengguna untuk melakukan pemesanan tiket ferry secara online setelah menemukan tiket yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

  • Login: Fitur ini memungkinkan pengguna untuk masuk ke akun mereka di aplikasi Ferizy.



  1. Redesign dan aplikasi sesuai dengan fitur yang sering dipakai.

Figma Redesign Ferizy 

  1. Implementasikan dalam bentuk aplikasi Android halaman masuk dan akses fitur yang sering dipakai.

  2. Dokumentasikan dan Demokan dalam Video Youtube dari aplikasi yang telah dibangun.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tugas Pertemuan 6

Tugas Pertemuan 5